Tips Menghilangkan Malware Pada PC dan Laptop

Apakah Anda pernah mendengar tentang Malware? Malware adalah sebuah software asing yang dibuat dengan tujuan utama untuk merusak jaringan dan sistem komputer. Malware bisa masuk dari mana saja, mulai dari unduhan yang tidak jelas asal usulnya atau menempel pada file saat dipindahkan. Bila PC atau laptop Anda terserang Malware, Anda perlu untuk segera membersihkannya sebelum terlambat. Berikut ini adalah tips menghilangkan malware pada PC dan laptop:

1. Backup Data
Laptop dan PC seringkali memiliki data yang tidak ada salinan atau backupnya. Sebelum Anda melakukan pembersihkan malware secara menyeluruh, Anda perlu menyalin data di tempat lain seperti flashdisk atau hard disk. Setelah membackup data, Anda baru bisa berlanjut ke langkah berikutnya. 

2. Putuskan Semua Koneksi
Di semua PC dan laptop pasti ada pilihan airplane mode. Anda bisa memilih tombol tersebut jika merasa laptop sudah terserang malware. Internet dan koneksi lainnya adalah jalan utama malware untuk bisa masuk ke perangkat Anda, sehingga mematikannya adalah cara yang efektif untuk menghapus malware tersebut. 

3. Menggunakan Safe Mode
Tips yang berikutnya adalah menggunakan safe mode. Mode ini adalah pilihan yang bisa Anda gunakan saat akan membenahi kerusakan sistem atau jaringan. Semua laptop yang menggunakan windows punya opsi pilihan ini. Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk masuk ke safe mode adalah restart komputer. Selanjutnya, Anda bisa menekan tombol F8 di keyboard. Setelah Anda menekan tombol tersebut, Anda akan menemukan beberapa pilihan. Pilih Safe Mode tanpa jaringan internet. 

4. Scan dengan Software Anti Malware
Anda bisa melakukan full scan menggunakan software anti virus dan malware. Langkah ini membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga Anda harus menyiapkan charger laptop sebelumnya. Setelah laptop terpindai secara keseluruhan, Anda akan disarankan untuk menghapus file yang mengandung malware. 

Itu dia beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk memberantas malware di laptop atau PC. Setelah malware hilang, Anda perlu berhati-hati apa saja yang masuk ke dalam laptop Anda melalui internet. 

Previous
Next Post »