Tips Membeli Motor Bekas atau Second

Membeli motor bekas kerap kali dianggap solusi bagi Anda yang ingin menghemat uang. Selain bisa dicicil, harga keseluruhan dari motor bekas jauh lebih murah dibanding yang baru. Tetapi, memilih motor bekas memang sedikit tricky, sehingga Anda harus tahu tips dalam memilih motor bekas agar tidak salah pilih. Berikut ini tips membeli motor bekas:

1. Mencari Tahu Harga Pasar
Langkah yang pertama adalah mencari tahu harga pasar. Hindari untuk membeli motor yang harganya terlalu jauh dari harga pasar. Bila motor dijual dengan harga yang jauh dari kebanyakan motor lainnya, maka perlu dicurigai bahwa motor ini bisa jadi hasil curian. 

2. Membeli Dengan Surat Kendaraan Lengkap
Jangan pernah sekali-kali tergiur harga murah untuk membeli motor yang tidak memiliki surat kendaraan lengkap. Tanyakan mana BPKB dan STNKnya. Tidak sedikit kasus pencurian motor yang ada di Indonesia, sehingga Anda juga perlu berhati-hati. Jangan sampai Anda terkena masalah hanya karena membeli motor curian. 

3. Coba Nyalakan Mesin
Langkah selanjutnya adalah mencoba untuk menyalakan mesin. Bila motor bisa dinyalakan dengan mudah seperti motor pada umumnya, kemungkinan besar motor ini dalam kondisi yang baik. Tetapi bila menyalakannya saja sudah sulit, lebih baik Anda menghindari membeli motor ini. Motor yang sulit dinyalakan memiliki kemungkinan bagian dalamnya dalam keadaan tidak baik. 

4. Memilih Penjual
Apabila Anda memiliki kenalan yang terpercaya untuk urusan jual beli motor bekas, lebih baik Anda membeli di orang yang sudah kenal. Hal ini bisa menghindarkan Anda dari jenis penjual yang sebenarnya ingin menipu dengan cara tidak jujur akan kondisi motor. Cari tahu juga bagaimana testimoni penjualan dari motor sebelumnya. 

5. Tanyakan Alasan Motor Dijual
Sebelum membeli motor tersebut, tanyakan apa yang membuat pemilik ingin menjual motornya. Hindari motor yang pernah kecelakaan atau terkena banjir. 

5 tips diatas bisa Anda terapkan jika ingin membeli motor second. Lebih baik untuk mengenali tipe dan spesifikasi motor yang ingin Anda beli terlebih dahulu sebelum membelinya. 

Previous
Next Post »