Asuransi Kecelakaan Untuk Memaksimalkan Keselamatan Lalu Lintas

Bertajuk sebagai asuransi kecelakaan, Anda menjadi bisa terlindung dari risiko terjadinya kecelakaan dan memaksimalkan keselamatan lalu lintas. Sama pada asuransi pada umumnya, prinsip dalam asuransi ini mencakup prinsip utmost good faith. Dalam artian, masing-masing pihak wajib memberitahukan kondisi fakta sebenarnya yang terjadi pada kenyataan. 

Masing-masing pihak yang dimaksudkan, yakni antara tertanggung dan penanggung. Sebab, asuransi secara garis besar tidak lain adalah hubungan pertanggungan yang terjadi antara tertanggung dengan penanggung. Pihak tertanggung akan mengikatkan dirinya kepada penanggung atas pengalihan risiko tertentu.

Pada konteks kecelakaan, berarti risiko yang dialihkan merupakan risiko terjadinya kecelakaan, yang menyebabkan implikasi berbahaya. Misalnya, luka akibat kecelakaan atau bahkan tertanggung hingga meninggal dunia akibat kecelakaan. Lalu, sebetulnya apa pengertian dari asuransi jenis ini? Penjelasannya lebih lanjut akan Anda temukan pada bagian berikutnya. 

Pengertian Asuransi Kecelakaan
Asuransi kecelakaan merupakan sebuah sarana pengalihan risiko dari pihak tertanggung kepada pihak penanggung terhadap risiko terjadinya kondisi akibat kecelakaan. Misalnya, ada perubahan keadaan tertanggung setelah terjadinya kecelakaan. 

Sebagai contoh, tertanggung setelah kecelakaan mengalami cacat atau luka parah, sehingga tidak lagi bisa bekerja. Atas terjadinya risiko demikian, pihak asuransi sebagai penanggung akan melakukan penggantian kerugian akibat dari risiko yang terjadi. Yang mana penggantian kerugian ini berdasarkan pada prinsip indemnity. Artinya, tidak boleh lebih atau kurang, harus sesuai seperti kondisi tertanggung pada mulanya. 

Karena itu, merujuk pada prinsip utmost good faith pula seperti yang telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, tidak boleh ada kebohongan dalam hubungan keasuransian. Dari pihak tertanggung, dilarang untuk menyampaikan kondisi di luar yang sebenarnya atau melebih-lebihkan. 

Keadaan yang disebutkan harus sesuai dengan fakta yang ada. Kemudian, untuk pihak asuransi itu sendiri atau penanggung, tidak boleh menunda kewajibannya mengganti kerugian sejalan apabila kerugian yang timbul sesuai dengan polis sebagai landasan asuransi. Pada polis, telah terdapat pengaturan lengkap mengenai hubungan keasuransian tertanggung dengan penanggung. 

Setelah disetujuinya polis, maka hubungan keasuransian mulai berlaku. Oleh karena itu, Anda harus memahami seluruhnya isi dari polis supaya tidak terjadi penyesalan di belakang. Tanpa adanya persetujuan dari polis, maka hubungan asuransi tidak akan berjalan. 

Pentingnya Asuransi Ini Untuk Keselamatan Lalu Lintas
Barangkali, Anda masih berpikir mengapa asuransi kecelakaan untuk keselamatan lalu lintas itu penting? Bermula dari manusia yang tidak bisa terlepas dari eksistensi risiko, maka kemudian asuransi hadir sebagai lembaga pengalih risiko. Pada bidang asuransi ini, maka risiko yang muncul adalah kerugian akibat terjadinya kecelakaan.

Saat mengalami kecelakaan, Anda menjadi tidak akan menanggung kerugiannya sendiri, tetapi ada pihak asuransi yang akan menanggungnya. Maka dari itu, asuransi menjadi hal yang perlu untuk digunakan. Ibaratnya, apabila Anda tidak mengikuti asuransi ini, saat terjadi kecelakaan yang menyebabkan Anda mempunyai luka besar hingga cacat, sehingga tidak dapat bekerja, kembali, lalu bagaimana dengan finansial keluarga Anda? 

Apalagi jika Anda adalah seorang kepala keluarga yang menjadi tumpuan ekonomi keluarga. Terutama pada kondisi awal setelah Anda kecelakaan, keluarga Anda berpotensi mengalami kesulitan finansial. Dengan hadirnya asuransi ini, Anda menjadi bisa terproteksi dari kemungkinan terjadinya risiko sedemikian rupa. 

Keuntungan Menggunakannya
Asuransi termasuk dalam kegiatan bisnis yang sangat besar, mencakup polis dengan jumlah yang banyak, tidak terkecuali untuk asuransi kecelakaan. Dengan menggunakan asuransi ini, Anda menjadi bisa mengalihkan memaksimalkan keselamatan lalu lintas. Sebab, pihak asuransi akan memberikan penggantian kerugian usai Anda mengalami kecelakaan yang menyebabkan keadaan tertentu, seperti cacat. 

Previous
Next Post »